5.02.2009

KEUTAMAAN ILMU

Diantara keutamaan ilmu adalah :
1.Ilmu akan mengangkat derajat seorang mukmin diatas tingkatan hamba lainnya 11. Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan’. (QS Al Mujadalah:11).
2.Keutamaan seorang yang berilmu dibandimgkan dengan seorang ahli ibadah laksana keutamaan Rasulullah atas hamba yang paling hina.
3.Allah akan memudahkan baginya jalan menuju jannah.
4.Para malaikat akan membentangkan sayap rahmatnya kepada para penuntut ilmu
5.Seluruh mahluk (hewan) akan memintakan ampun bagi para penuntut ilmu.
6.Orang yang menuntut ilmu berada dalam Fi Sabilillah
7.Orang yang mengajarkan ilmu akan mendapatkan balasan pahala seperti pahala orang yang mengamalkan ilmu tersebut.
8.Pahala seorang alim akan terus bermanfaat dan tidak akan terputus meskipun telah wafat.
9.Orang yang menuntut ilmu selalu berada dalam kebaikan.

Dalam hal ini para ulama banyak berbicara tentang keutamaan ilmu dan pemiliknya, diantaranya :
1.Ibnu Mas’ud berkata : “Orang yang berilmu mempunyai derajat sebanyak 700 derajat diatas derajat orang mukmin. Jarak antara satu dengan derajat lainnya sejauh jarak perjalanan 500 tahun. (Mukhtasar Minhajul Qasidhin, Ibnu Qudamah : 10).
2.Ibnu Abbas berkata : Sesungguhnya orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain, maka setiap hewan melata akan memohonkan ampunan baginya, termasuk pula ikan paus di lautan. (Mukhtasar Minhajul Qasidhin : 11).
3. Al Hasan berkata : Jika tidak ada orang-orang yang berilmu, niscaya manusia laksana binatang.
4.Muadz bin Jabal berkata : Pelajarilah ilmu, karena mempelajari ilmu dapat mengharap wajah Allah, itu mencerminkan rasa khasyah, mencarinya adalah ibadah, mengkajinya adalah tasbih, menuntutnya adalah jihad, mengajarkan kepada orang lain yang belum mengetahui adalah shadaqah dan membelanjakannya untuk keluarga adalah taqarrub. Ilmu adalah pendamping di saat sendirian dan teman karib di saat menyepi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Daftarkan Link Anda Disini

MAOE (U CAN IF U THINK U CAN)